Resume pert 14

untuk tugas kampusku mata kuliah manajemen umum pada pertemuan 14 yaitu tentang e-business dan e-commerce dapat di download disini

resume MU pert 14

EBUSINESS dan ECOMMERCE

Oleh: Esti Vidia Pangesti (12410100087)

 

  • E-Business

E-bisnis adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan da-ta internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

E-bisnis berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat webInternetintranetextranet atau kombinasi di antaranya.

  • E-Commerce

E-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/ perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elek-tronik. Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), merupakan bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission).

E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet. E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan (customer), atau antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan public.

  • System E-commerce

Diklasifikasikan menjadi tiga aplikasi yaitu:

  • Electronic Markets (EMs)

EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/ menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah system informasi antar orgaanisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan.

Keuntungan fasilitas EMs bagi pelanggan adalah terlihat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu. Sedangkan bagi penjual, ia dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.

Contohnya: penawaran iklan melalui website

  • Electronic Data Interchange (EDI)

EDI adalah sarana untuk mengefisiensikan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial.

Secara formal EDI didefinisikan oleh Internasional Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standart yang telah disetujui yang dilakukan dari satu system computer ke system computer yang lain dengan menggunakan media elektronik”.

Contohnya: download item 2 digital seperti film, music, dll

  • Internet Commerce

Internet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transasksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/ pembelian barang dimana akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.

Contohnya: pembayaran online dengan kartu kredit

  • Karakteristik E-commerce

Berbeda dengan transaksi perdagangan bisaa, transaksi e-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus, yaitu:

  • Transasksi tanpa batas

Sebelum era internet, batas-batas geografi menjadi penghalang suatu perusahaan atau individu yang ingin go-internasional. Sehingga, hanya perusahaan atau individu dengan modal besar yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri.

Dewasa ini dengan internet, pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas waktu, dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi seacara online.

  • Transaksi anonym

Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia system pembayaran yang ditentukan, yang bisaanya dengan kartu kredit.

  • Produk digital dan non digital

Produk-produk digital seperti software computer, music dan produk lain yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan hidup lainnya.

  • Produk barang tak berwujud

Banyak perusahaan yang bergerak dibidang e-commerce dengan menawarkan barang tak berwujud seperti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.

  • Model perusahaan e-commerce
    • B-to-C or B2C (Business to Consumer)

Merupakan interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi. Business to consumers atau business to costumer menggambarkan kegiatan bisnis melayani konsumen dengan produk atau jasa. Misalkan orang membeli sepasang sepatu dari pengecer. Transaksi yang mengarah ke sepatu agar tersedia untuk pembeli, yaitu pembelian kulit, tali, karet, dll serta penjualan sepatu dari pembuat sepatu ke pengecer akan dianggap transaksi B2C.

  • C-to-C or C2C (Customer to Customer)

Model C2C melibatkan transaksi antara konsumen. Di sini, konsumen menjual langsung ke konsumen lain. eBay dan  http://www.bazee.com adalah contoh umum dari situs web lelang online yang memberikan konsumen untuk mengiklankan dan menjual produk mereka secara online kepada konsumen lain.

Namun, adalah penting bahwa baik penjual dan pembeli harus mendaftar dengan situs lelang. Sementara penjual harus membayar biaya tetap ke rumah lelang online untuk menjual produk mereka, pembeli dapat tawaran tanpa membayar biaya apapun. Situs ini membawa pembeli dan penjual bersama-sama untuk melakukan penawaran.

  • P-to-P or P2P (Peer to Peer)

P2P adalah system terkomputerisasi client-server dimana suatu computer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua computer secara langsung (real time)

  • B-to-B or B2B ( Business to Business)

Merupakan interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi). Menggambarkan transaksi perdagangan antara perusahaan, seperti antara manfaktur dan grosir, atau antara grosir dan pengecer.

  • Mekanisme E-commerce

Berdasarkan gambar di atas maka tahapan dalam transaksi elektronik melalui ecommerce dapat diurutkan sebagai berikut :

  1. E customer dan e-merchant bertemu dalam dunia maya melalui server yang disewa dari Internet Server Provider (ISP) oleh emerchant.
  2. Transaksi melalui ecommerce disertai term of use dan sales term condition atau klausula standar, yang pada umumnya emerchant telah meletakkan klausula kesepakatan pada website‐nya, sedangkan ecustomer jika berminat tinggal memilih tombol accept atau menerima.
  3. Penerimaan ecustomer melalui mekanisme “klik” tersebut sebagai perwujudan dari kesepakatan yang tentunya mengikat pihak e-merchant.
  4. Pada saat kedua belah pihak mencapai kesepakatan, kemudian diikuti dengan proses pembayaran, yang melibatkan dua bank perantara dari masing‐masing pihak yaitu acquiring merchant bank dan issuing customer bank. Prosedurnya ecustomer memerintahkan kepada issuing customer bank untukdan atas nama ecustomer melakukan sejumlah pembayaran atas harga barang kepada acquiring merchant bank yang ditujukan kepada emerchant.
  5. Setelah proses pembayaran selesai kemudian diikuti dengan proses pemenuhan prestasi oleh pihak emerchant berupa pengiriman barang sesuai dengan kesepakatan mengenai saat penyerahan dan spesifikasi barang.
  • Keuntungan Menggunakan E-commerce
    • Meningkatkan penjualan

–       Pemasaran Global 24 jam per hari

–       Dapat diakses lebih dari 360 milyar orang diseluruh dunia

–       Dapat menjangkau daerah-daerah terpencil

–       Dapat menciptakan komunitas virtual

  • Mempermudah memberikan informai kepada Customer
  • Mengurangi biaya

–       Memperkecil ongkos pengeluaran untuk promosi

–       Tinggal duduk diam menunggu pesanan

  • Permasalahan E-commerce
    • Keamanan (security)     fraud/penipuan
    • Regulasi / hukum

–       Apakah website yang digunakan untuk kegiatan e-commerce tersebut melanggar hokum atau tidak

  • Kesiapan institusi keuangan, bank, e‐payment
  • Peran Pemerintah

Adanya permasalahan tersebut membutuhkan peranan pemerintah untuk menanggulanginya. Peran pemerintah itu yaitu:

  • Standarisasi
  • Regulasi, guidelines
  • Membangun dan mengelola infrastruktur
  • Insentif      pada investor, pada peneliti
  • Inisiatif

Jika pemerintah telah menjalankan peranannya maka dapat mengatasi segala permasalahan-permasalahan yang terjadi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s