Resume pert 12

untuk tugas kampusku mata kuliah manajemen umum pada pertemuan 12 yaitu tentang globalisasi dan manajemen dapat di download disini

resume MU pert 12

GLOBALISASI dan MANAJEMEN

Oleh: Esti Vidia Pangesti (12410100087)

 

  • Peluang dan Tantangan Pasar Bebas
    • Mengatasi perubahan mendadak dari para saingan
    • Mengetahui perubahan budaya, politik, dan ekonomi
    • Menghadapi rasa ketidakpastian, ketakutan dan kecemasan
    • Beradaptasi dengan perubahan lingkungan global
    • Menghindari kepicikan pandangan/parochialism
  • Perspektif Global
    • Parochialism
      • Pandangan sempit terhadap dunia; ketidakmampuan mengenali perbedaan
    • Sikap Etnosentris
      • Pandangan bahwa Pendekatan dan praktik kerja yang terbaik adalah seperti yang ada di negara asal
    • Sikap Polisentris
      • Pandangan bahwa para manajer di negeri tuan rumah mengetahui pendekatan dan praktik kerja yang terbaik untuk menjalankan bisnis mereka
    • Sikap Geosentris
      • Pandangan yang berorientasi pada dunia yang memusatkan perhatian pada penggunaan pendekatan dan orang yang terbaik dari seluruh dunia
  • Perbedaan Jenis Organisasi Global
    • Multinational Corporation (MNC)

MNC adalah perusahaan yang mnyelenggarakan operasi secara berarti di berbagai Negara tetapi mengelola operasi itu dari basis Negara asal. MNC bercirikan sikap etnosentris. Contoh MNC antara lain: Sony, Deutsche Bank, AG, dll.

  • Multidomestic Corporation (MDC)

MDC adalah sebuah organisasi dengan cabang-cabang dibanyak Negara, yang masing-masing cabang merumuskan strategi bisnisnya. Contohnya: bank, BUMN

  • Global Company (GC)

GC adalah sebuah organisasi yang berupaya mebakukan dan memadukan operasi-operasi diseluruh dunia dalam semua bidang fungsional.

  • Organisasi Tanpa Batas

Tipe organisasi global dimana hambatan geografis buatan manusia dihilangkan.

  • Cara Organisasi menjadi Global
    • Passive Response

Melalui proses import dan export. Import adalah menjual produk asing di dalam negeri, sedangkan export adalah menjual barang buatan dalam negeri keluar negeri.

  • Initial Overt Entry

Melalui jalan memperkerjakan perwakilan asing didalam negeri atau melakukan perjanjian bidang pabrikan diluar negeri.

  • Established International Operation
    • Lisensi, pendekatan untuk menjadi global oleh organisasi pabrikan yang meliputi pemberian kepada organisasi lain hak untuk menggunakan merek, teknologi, atau spesifikasi produk anda.
    • Waralaba, pendekatan untuk menjadi global oleh organisasi jasa yang meliputi pemberian kepada organisasi lain untuk mempergunakan merek, teknologi, atau spesifikasi produk anda.
  • Bentuk Lain dari Globalisasi
    • Strategic Alliances / aliansi strategik
      • Kemitraan antara organisasi dan perusahaan asing dimana keduanya berbagi sumber daya dan pengetahuan guna mengembangkan produk baru atau membangun fasilitas produksi (Toshiba-Siemens-IBM > generasi baru chips komputer)
  • Joint Venture / Usaha patungan
    • Aliansi strategis tertentu dimana rekannya setuju untuk membentuk organisasi yang terpisah dan independen untuk mencapai tujuan bisnis tertentu (Hewlett-Packard memiliki usaha yang berbedabeda bagi peralatan komputernya)
    • Foreign Subsidiary / anak perusahaan luar negeri
      • Mendirikan anak perusahaan diluar negeri dengan bentuk entitas tersendiri sesuai dengan peraturan negara setempat (host country)
      • Fasilitas produksi atau kantor yang terpisah dan independen
  • Mengelola di Lingkungan Global
    • Lingkungan Politik-Hukum

Para manajer perusahaan akan banyak menghadapi ketidakpastian yang sangat besar sebagai akibat ketidakpastian politik. Para manajer harus memperhatikan lingkungan hukum politik yang labil atau revolusioner di berbagai Negara tempat mereka beroperasi, karena setiap kebijakan-kebijakan hukum-politik akan mempengaruhi perkembangan perusahaan tersebut.

  • Lingkungan Ekonomi
    • Sistem ekonomi
      • Ekonomi Pasar/ Market economy

ü  Suatu sistem ekonomi dimana sumber-sumbernya terutama dimiliki dan dikontrol oleh sektor perorangan

  • Command economy

ü  Suatu sistem ekonomi dimana semua keputusan ekonomi direncanakan dari pemerintah pusat.

  • Monetary and Financial Factors
    • Tingkat pertukaran mata uang
    • Tingkat inflasi
    • Beragam kebijakan pajak
  • Lingkungan Budaya
    • Budaya Nasional
      • Seorang manajer harus memperhatikan budaya nasioanal negara-negara tempat perusahaanya menyalurkan barang atau jasa. Karena setiap Negara pasti memiliki budaya masing-masing. Oleh karena itu manajer harus bisa mengatur sedemikian rupa sehingga barang atau jasa mereka dapat diterima dan disukai oleh customer yang ada di Negara tempat mereka beroperasi.
      • Nilai dan sikap yang dipegang oleh individu dari negara tertentu yang membentuk perilaku dan keyakinan mereka tentang apa yang dianggap penting

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s